LAPORAN KARYA ILMIAH
LINGKUNGAN BISNIS
Disusun Oleh :
Riyan guntoro (18.83.0172)
Prodi : S1 Teknik Komputer
Link :www.amikom.ac.id
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis ilmiah ini dengan baik dan benar. Karya tulis ini di ajukan untuk melengkapi tugas kuliah lingkungan bisnis semester genap tahun akademik 2016 UNIVERSITAS “AMIKOM” YOGYAKARTA, judul karya tulis yang penulis ajukan adalah PELUANG USAHA ONLINE SHOP. Melalui karya tulis ini, penulis ingin memberikan contoh usaha bisnis dengan modal koneksi internet dan modal yang tidak terlalu besar, dan mengasilkan keuntungan besar.
Dalam penulisan karya tulis ini, Saya ucapkan terima kasih kepada Rektor AMIKOM, Prof.Dr.M Suyanto, M.M yang telah memberikan tugas ini sehingga saya dapat menambah pemahaman saya tentang Usaha Kecil dan Menengah. Terima kasih pula saya ucapkan kepada teman-teman yang telah membantu saya dalam menyusun karya ilmiah ini.
Saya telah berupaya menyempurnakan karya ilmiah ini, namun seperti kata pepatah, “ Tak ada gading yang tak retak” maka dari itu karya ilmiaih ini sangatlah jauh dari kata sempurna. Untuk itu, saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari Dosen pembimbing, teman-teman dan orang lain yang sudi meluangkan waktunya untuk membaca isi dari karya ilmiah ini.
Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu saya sehingga karya ilmiah ini dapat terselesaikan. Saya sangat berharap karya ilmiah ini dapat bermanfaat bagi kita semua
Yogyakarta, 17 Februari 2017
Penulis,
Bagus Setyawan
BAB I
PENDAHULUAN
A. ABSTRAK
Karya tulis ini membahas tentang peluang usaha bisnis Online atau yang biasa disebut dengan online shop. Di mana bisnis Online sangat menguntungkan. Untuk usaha-usaha di bidang pakaian, makanan, alat, maupun jasa s Online tidak terlalu memakai modal yang besar. Karena selagi kita tidak dikenakan biaya pajak kita juga tidak perlu repot repot untuk sewa kontrakan/toko. Dan dengan kita menawarkannya di internet barang barang yang kita tawarkan akan lebih cepat laku daripada kita tawarkan di toko biasa karena dengan kita memposting barangt kita di internet, selurung orang di dunia bisa melihatnya hanya dengan bermodalkan koneksi internet.
B. LATAR BELAKANG
Zaman globalisasi dewasa ini menjadi semakin maju tetapi sayangnya tidak diikuti oleh perekonomian negara kita yang masih jauh tertinggal. Sudah banyak perkembangan zaman yang bisa kita lihat disekitar kita saat ini. Salah satunya ialah penggunaan Internet dan smartphone yang makin diminati dan semakin meningkat setiap tahunya.. Adanya fitur – fitur social media yang mudah diakses dan ditawarkan dalam internet ini tentunya semakin mempermudah kita dalam berkomunikasi dan tetap terhubung dengan teman, sahabat, bahkan kerabat yang jarang kita jumpai dalam keseharian karena padatnya rutinitas yang kita jalani sehari – hari. Dengan tersedianya fasilitas – fasilitas social media yang semakin memudahkan kita tidak hanya dalam berkomunikasi tetapi juga dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari. Hal ini jelas menarik keinginan para produsen atau afiliate ( perorangan yang menjualkan produk orang lain ) untuk mencari celah atau peluang usaha dengan mengambil keuntungan yang didapat dari banyak pengguna smartphone saat ini. Dengan hanya bermodalkan internet dalam keseharian ditunjang pula dengan fasilitas internet yang semakin luas, kita dapat mencoba suatu bentuk usaha yang dapat ditawarkan kepada konsumen termasuk dalam interaksi jual belinya. Saat ini ada satu tren yang sedang mengemuka di dunia, bahkan di Indonesia, yakni belanja online, atau sering disebut online shop.
Berbagai macam barang bisa kita dapatkan secara online. Dari baju, sepatu, tas, aksesorisnya, kosmetik, bisa kita beli secara online melalui internet, hanya dengan melakukan sekali ‘klik’ saja.
Online Shop terhitung mudah di jalankan, dan murah, karena tidak membutuhkan modal yang besar. foto produk serta akses internet untuk menjalankannya, bisnis online shop ini sudah dapat berjalan Tujuan dari pembuatan usaha online shop ini ialah lebih kepada meningkatkan kesejahteran atau perekonomian perorangan yang bersifat pribadi. Penyusun ingin mencoba mengaplikasikan apa yg telah kami pelajari selama ini dengan menggabungkan kemampuan penyusun dan melihat peluang yang ada untuk membuka usaha yag dapat membantu dan meningkatkan perekonomian atau kesejahteran pribadi kami masing – masing terlebih dahulu. dimana internet sedang maju dengan pesat pesatnya, bahkan sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian penduduk di dunia.
BAB II
PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN ONLINE SHOP
Menurut Didit Agus Irwantoko, belanja online (online shop) merupakan proses pembelian barang/jasa oleh konsumen ke penjual realtime, tanpa pelayan, dan melalui internet. Toko virtual ini mengubah paradigma proses membeli barang/jasa dibatasi oleh tembok, pengecer, atau mall. Maksutnya, tak perlu harus bertemu penjual/pembeli secara langsung, tak perlu menemukan wujud ‘pasar’ secara fisik, namun hanya dengan menghadap layar monitor computer, dengan koneksi internet tersambung, kita dapat melakukan transaksi jual/beli secara cepat dan nyaman.
Hasil survey terakhir (December 2011) menunjukkan bahwa 36% dari seluruh transaksi perdagangan yang terjadi di Indonesia di lakukan secara online atau online shop.
Survey yang dapat menjadi tolok ukur untuk mengetahui kecenderungan konsumen dalam berbelanja melalui online tersebut dilakukan di 25 negara dengan periode antara 5 Desember 2011 hingga 6 Februari 2012. Laporan untuk kawasan Asia/Pasifik—Thailand, Cina, Jepang, Korea, Australia, Malaysia, Selandia Baru, Taiwan, Vietnam, Hong Kong, Indonesia, Singapura, India, Filipina—juga dilengkapi dengan wawancara mengenai perilaku berbelanja online terhadap 7.373 responden dari 14 negara—catatan: hasil survei dan laporan yang menyertainya tidak mencerminkan kinerja keuangan MasterCard, (DuniaUKM, 2012).
Di Indonesia sendiri, belanja online atau online shop mulai muncul sekitar tahun 2000 an, dan sekarang toko online sudah menjamur ada dimana mana. Apalagi dengan adanya dukungan media jejaring sosial, seperti facebook, twitter, blog, multiply, tumblr, yang dapat sangat berguna untuk mempromosikan produk yang ingin di jual/di beli. Media sosial inilah merupakan salah satu media yang membuat berbelanja online semakin mudah terjadi.
B. KELEBIHAN ONLINE SHOP
Bisnis Online yang mulai menjamur ini di anggap menjanjikan bagi beberapa pihak. Keuntungan yang di hasilkan juga tak patut di pertanyakan lagi. Tak perlu bermodal ‘toko’ secara fisik untuk mempromosikan barang yang di jual, kita dapat mempromosikan lewat gambar yang selanjutnya di pajang di website atau ‘toko virtual’ milik kita melalui internet.
a. Hemat Tenaga
Belanja secara online juga dapat menghemat tenaga. Anda tak perlu repot mengantre di kasir pembayaran. Belum lagi jika toko yang dikunjungi ramai pembeli, Anda juga akan menunggu untuk dilayani oleh penjaga toko tersebut. Sedangkan jika belanja melalui onlie, Anda bisa ‘melayani diri sendiri’ dengan cepat tanpa harus menunggu waktu lama.
b. Mengurangi Rasa Lelah
Untuk pergi ke mal Anda membutuhkan tenaga ekstra untuk naik angkutan umum atau mengendarai kendaraan pribadi. Apabila Anda berbelanja secara online, Anda bisa berbelanja sambil duduk-duduk santai atau tiduran di atas tempat tidur. Bisa juga sambil menonton tv.
c. Tidak Repot
Jika memang ingin berbelanja banyak, Anda tak perlu repot membawa kantong belanjaan yang menumpuk. Karena jika berbelanja melalui online, Anda hanya tinggal menunggu barang-barang yang dibeli dikirim ke rumah.
d. Mudah Membandingkan Harga
Daripada menyusuri mal dari satu toko ke tokolainnya hanya untuk membandingkan harga baju yang diincar, lebih baik Anda membandingkannya melalui online shopping. Umumnya situs online shopping menjual barang yang sama dengan situs onle shopping lainnya, namun harganya bisa saja berbeda.Tidak bertatap muka.
e. Hemat Waktu
Belanja online juga dapat menghemat waktu Anda tanpa harus macet-macetan di jalan. Tentu saja Anda bisa berbelanja hanya dengan waktu beberapa menit. Sehingga waktu tak banyak terbuang dan masih bisa melakukan aktivitas lainnya.
f. Nyaman
Kenyamanan juga menjadi salah satu faktor mengapa lebih baik belanja secara online. Anda bisa berbelanja kapan saja sesuka Anda, meskipun tengah malam sekalipun.
C. KEKURANGAN ONLINE SHOP
sebagian masyarakat yg masih takut untuk melakukan belanja secara online. Sebagian orang takut untuk membeli barang secara online karena menganggap barang yang hanya di lihat secara gambar masih tidak cukup sebelum dilihatnya, serta diraba nya secara langsung. Sebagian lagi beranggapan, jika hanya melihat gambar, dan mengira ira wujudnya saja, bisa jadi barang yang di beli tidak sesuai dengan ekspektasi atau bayangan kita. Atau lebih gamblangnya, mereka takut merasa kecewa atau di kecewakan dengan barang yang di dapatkannya setelah melakukan transfer sejumlah uang tertentu. Karena transaksi sebagian besar online shop, dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah uang tertentu terlebih dulu kepada toko online, baru barang di kirim. Walaupun masih banyak orang yang masih ragu dengan berbelanja online (online shop), tetapi karena alasan kenyamanan, mereka yang memutuskan untuk mencoba belanja online bertambah sangat cepat. Terlihat dari banyaknya toko online di jejaring social media seperti facebook, instagram dan twitter.
D. POKOK PEMBAHASAN
Disini saya akan mengambil sebagai contohnya yaitu bisnis Distro online.
Dengan banyaknya orang yang menggunakan internet jadi peluang bisnis usaha ini sangatlah tinggi khususnya promosi yang dilakukan di situs jejaring social seperti Facebook, Instagram, ataupun Twitter karena di Indonesia termasuk Negara terbesar yang menggunakan situs jejaring social tersebut, jadi sangat efisien.
Meskipun hanya bermodal koneksi internet yang tidak terlalu mahal jika kita bandingkan dengan harus membangun atau menyewa sebuah toko untuk bejualan, jadi kita Cuma bekerjasama dengan toko distro atau pakaian yang ingin kita promosikan jika kita tidak ingin susah-susah mencari barangnya, tapi dengan cara seperti ini ke untungan yang kita peroleh tidak maksimal karena harus di bagi dengan toko distro yang telah kita promosikan, tapi beda dengan kita yang menyuplai barangnya apalagi barang tersebut barangnya dengan kualitas bagus pasti harganya sangat tinggi dan orang-orang akan banyak yang memesan.
Jadi anda bisa mencoba usaha ini karena rugi dalam bisnis ini tidak terlalu besar dan bisa di atasi , hanya dengan modal yang tidak terlalu besar dan koneksi internet yang cukup kuat anda sudah bisa memulai bisnis ini jadi jangan takut untuk memulai suatu bisnis. Berikut adalah beberapa tips untuk membangun Distro Online :
Ide Distro Online
Salah satu hal penting sebelum membuka Distro Online bukan produk apa yang ingin kita jual karena sudah jelas kita akan menjual produk fashion seperti kaos dan tas, tetapi kita harus menentukan ide apa yang akan kita cetak di berbagai media tersebut. Untuk memutuskan apa jenis desain atau kiblat desain yang akan kita jual di Distro Online kita, hal pertama yang harus kita pikirkan adalah apakah kita mempunyai ide-ide yang layak jual dan apa tujuan Distro Online kita: apakah kita hanya ingin menjual baju, menjadi bagian gaya hidup dan lain sebagainya.
Kita juga harus memutuskan apakah kita akan menjual kaos dengan kata-kata lucu di Distro Online kita. Kita juga bisa membuat sebuah merk dan mencoba menjualnya seperti merk STARCROSS yang cukup terkenal dan menjadi bagian gaya hidup. Jika kita mempunyai tujuan seperti itu, maka tentu saja kita perlu memikirkan konsep produk kita secara matang. Satu hal lagi yang perlu kita perhatikan dalam desain yang akan kita jual di Distro Online adalah apakah kita akan menjual nama band, tim atau acara.
Toko Distro Online
Untuk membuat toko Distro Online, tentu saja kita perlu nama domain dan hosting, kita juga sebenarnya dapat menggunakan blog gratis dan membelinya jika Distro Online kita sudah cukup menguntungkan. Jika kita benar-benar serius dan mempunyai modal, maka kita dapat menggunakan jasa hosting. Tentu saja kualitas dan fasilitas yang akan kita dapatkan akan jauh lebih baik daripada blog gratis, begitu juga kekuatan dan popularitas web yang akan kita dapat.
SEO Distro Online
Jika kita membuka Distro Online, maka bukan hanya marketing produk, tetapi kita juga akan membutuhkan marketing website kita. SEO sudah menjadi standard dalam e-commerce atau usaha online. Dengan persaingan yang cukup ketat, SEO adalah suatu hal yang wajib. Harga yang harus kita bayar untuk SEO memang cukup mahal tetapi SEO akan menjadi modal kita untuk bersaing dan mendapat pengunjung.
Jejaring Sosial Distro Online
Walaupun kita sudah mempunyai website untuk Distro Online kita, jangan pernah menyepelekan fungsi jejaring sosial. Banyak bisnis besar yang memanfaatkan social networking untuk meraup konsumen. Dengan jejaring sosial, Distro Online kita akan lebih mudah dikenal. Pastikan juga kita mengupdate infomasi di jejaring sosial dan membuatnya menarik untuk dikunjungi pelanggan kita. Banyak sekali Distro Online, tetapi dengan persiapan yang matang dan strategi yang maksimal, kita tidak akan kalah dengan Distro Online yang sudah lebih dulu berdiri. Jika kita ingin sukses dalam bisnis ini, pastikan kita merencanakannya dengan baik dari tipe produk, nama domain, budget untuk SEO dan lain sebagainya. Distro Online masih menjadi peluang bisnis yang baik.
Referensi :
http://tibbersama.blogspot.com/2012/07/makalah-tib-menjamurnya-online-shop.html
http://fauziaharianty1989.blogspot.com/2012/10/proposal-kewirausahaan.html
http://anakbalijogja.blogspot.co.id/2015/03/laporan-karya-ilmiah-lingkungan-bisnis.html
http://tandangsuparman.blogspot.com/2011/05/contoh-makalah-pengantar-bisnis.html
https://drive.google.com/file/d/1-4ciP3zjMigvwsSNlM_LCEsdpkK-fnRM/view?usp=drivesdk
https://drive.google.com/file/d/1-4ciP3zjMigvwsSNlM_LCEsdpkK-fnRM/view?usp=drivesdk
LINGKUNGAN BISNIS
Disusun Oleh :
Riyan guntoro (18.83.0172)
Prodi : S1 Teknik Komputer
Link :www.amikom.ac.id
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis ilmiah ini dengan baik dan benar. Karya tulis ini di ajukan untuk melengkapi tugas kuliah lingkungan bisnis semester genap tahun akademik 2016 UNIVERSITAS “AMIKOM” YOGYAKARTA, judul karya tulis yang penulis ajukan adalah PELUANG USAHA ONLINE SHOP. Melalui karya tulis ini, penulis ingin memberikan contoh usaha bisnis dengan modal koneksi internet dan modal yang tidak terlalu besar, dan mengasilkan keuntungan besar.
Dalam penulisan karya tulis ini, Saya ucapkan terima kasih kepada Rektor AMIKOM, Prof.Dr.M Suyanto, M.M yang telah memberikan tugas ini sehingga saya dapat menambah pemahaman saya tentang Usaha Kecil dan Menengah. Terima kasih pula saya ucapkan kepada teman-teman yang telah membantu saya dalam menyusun karya ilmiah ini.
Saya telah berupaya menyempurnakan karya ilmiah ini, namun seperti kata pepatah, “ Tak ada gading yang tak retak” maka dari itu karya ilmiaih ini sangatlah jauh dari kata sempurna. Untuk itu, saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari Dosen pembimbing, teman-teman dan orang lain yang sudi meluangkan waktunya untuk membaca isi dari karya ilmiah ini.
Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu saya sehingga karya ilmiah ini dapat terselesaikan. Saya sangat berharap karya ilmiah ini dapat bermanfaat bagi kita semua
Yogyakarta, 17 Februari 2017
Penulis,
Bagus Setyawan
BAB I
PENDAHULUAN
A. ABSTRAK
Karya tulis ini membahas tentang peluang usaha bisnis Online atau yang biasa disebut dengan online shop. Di mana bisnis Online sangat menguntungkan. Untuk usaha-usaha di bidang pakaian, makanan, alat, maupun jasa s Online tidak terlalu memakai modal yang besar. Karena selagi kita tidak dikenakan biaya pajak kita juga tidak perlu repot repot untuk sewa kontrakan/toko. Dan dengan kita menawarkannya di internet barang barang yang kita tawarkan akan lebih cepat laku daripada kita tawarkan di toko biasa karena dengan kita memposting barangt kita di internet, selurung orang di dunia bisa melihatnya hanya dengan bermodalkan koneksi internet.
B. LATAR BELAKANG
Zaman globalisasi dewasa ini menjadi semakin maju tetapi sayangnya tidak diikuti oleh perekonomian negara kita yang masih jauh tertinggal. Sudah banyak perkembangan zaman yang bisa kita lihat disekitar kita saat ini. Salah satunya ialah penggunaan Internet dan smartphone yang makin diminati dan semakin meningkat setiap tahunya.. Adanya fitur – fitur social media yang mudah diakses dan ditawarkan dalam internet ini tentunya semakin mempermudah kita dalam berkomunikasi dan tetap terhubung dengan teman, sahabat, bahkan kerabat yang jarang kita jumpai dalam keseharian karena padatnya rutinitas yang kita jalani sehari – hari. Dengan tersedianya fasilitas – fasilitas social media yang semakin memudahkan kita tidak hanya dalam berkomunikasi tetapi juga dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari. Hal ini jelas menarik keinginan para produsen atau afiliate ( perorangan yang menjualkan produk orang lain ) untuk mencari celah atau peluang usaha dengan mengambil keuntungan yang didapat dari banyak pengguna smartphone saat ini. Dengan hanya bermodalkan internet dalam keseharian ditunjang pula dengan fasilitas internet yang semakin luas, kita dapat mencoba suatu bentuk usaha yang dapat ditawarkan kepada konsumen termasuk dalam interaksi jual belinya. Saat ini ada satu tren yang sedang mengemuka di dunia, bahkan di Indonesia, yakni belanja online, atau sering disebut online shop.
Berbagai macam barang bisa kita dapatkan secara online. Dari baju, sepatu, tas, aksesorisnya, kosmetik, bisa kita beli secara online melalui internet, hanya dengan melakukan sekali ‘klik’ saja.
Online Shop terhitung mudah di jalankan, dan murah, karena tidak membutuhkan modal yang besar. foto produk serta akses internet untuk menjalankannya, bisnis online shop ini sudah dapat berjalan Tujuan dari pembuatan usaha online shop ini ialah lebih kepada meningkatkan kesejahteran atau perekonomian perorangan yang bersifat pribadi. Penyusun ingin mencoba mengaplikasikan apa yg telah kami pelajari selama ini dengan menggabungkan kemampuan penyusun dan melihat peluang yang ada untuk membuka usaha yag dapat membantu dan meningkatkan perekonomian atau kesejahteran pribadi kami masing – masing terlebih dahulu. dimana internet sedang maju dengan pesat pesatnya, bahkan sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian penduduk di dunia.
BAB II
PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN ONLINE SHOP
Menurut Didit Agus Irwantoko, belanja online (online shop) merupakan proses pembelian barang/jasa oleh konsumen ke penjual realtime, tanpa pelayan, dan melalui internet. Toko virtual ini mengubah paradigma proses membeli barang/jasa dibatasi oleh tembok, pengecer, atau mall. Maksutnya, tak perlu harus bertemu penjual/pembeli secara langsung, tak perlu menemukan wujud ‘pasar’ secara fisik, namun hanya dengan menghadap layar monitor computer, dengan koneksi internet tersambung, kita dapat melakukan transaksi jual/beli secara cepat dan nyaman.
Hasil survey terakhir (December 2011) menunjukkan bahwa 36% dari seluruh transaksi perdagangan yang terjadi di Indonesia di lakukan secara online atau online shop.
Survey yang dapat menjadi tolok ukur untuk mengetahui kecenderungan konsumen dalam berbelanja melalui online tersebut dilakukan di 25 negara dengan periode antara 5 Desember 2011 hingga 6 Februari 2012. Laporan untuk kawasan Asia/Pasifik—Thailand, Cina, Jepang, Korea, Australia, Malaysia, Selandia Baru, Taiwan, Vietnam, Hong Kong, Indonesia, Singapura, India, Filipina—juga dilengkapi dengan wawancara mengenai perilaku berbelanja online terhadap 7.373 responden dari 14 negara—catatan: hasil survei dan laporan yang menyertainya tidak mencerminkan kinerja keuangan MasterCard, (DuniaUKM, 2012).
Di Indonesia sendiri, belanja online atau online shop mulai muncul sekitar tahun 2000 an, dan sekarang toko online sudah menjamur ada dimana mana. Apalagi dengan adanya dukungan media jejaring sosial, seperti facebook, twitter, blog, multiply, tumblr, yang dapat sangat berguna untuk mempromosikan produk yang ingin di jual/di beli. Media sosial inilah merupakan salah satu media yang membuat berbelanja online semakin mudah terjadi.
B. KELEBIHAN ONLINE SHOP
Bisnis Online yang mulai menjamur ini di anggap menjanjikan bagi beberapa pihak. Keuntungan yang di hasilkan juga tak patut di pertanyakan lagi. Tak perlu bermodal ‘toko’ secara fisik untuk mempromosikan barang yang di jual, kita dapat mempromosikan lewat gambar yang selanjutnya di pajang di website atau ‘toko virtual’ milik kita melalui internet.
a. Hemat Tenaga
Belanja secara online juga dapat menghemat tenaga. Anda tak perlu repot mengantre di kasir pembayaran. Belum lagi jika toko yang dikunjungi ramai pembeli, Anda juga akan menunggu untuk dilayani oleh penjaga toko tersebut. Sedangkan jika belanja melalui onlie, Anda bisa ‘melayani diri sendiri’ dengan cepat tanpa harus menunggu waktu lama.
b. Mengurangi Rasa Lelah
Untuk pergi ke mal Anda membutuhkan tenaga ekstra untuk naik angkutan umum atau mengendarai kendaraan pribadi. Apabila Anda berbelanja secara online, Anda bisa berbelanja sambil duduk-duduk santai atau tiduran di atas tempat tidur. Bisa juga sambil menonton tv.
c. Tidak Repot
Jika memang ingin berbelanja banyak, Anda tak perlu repot membawa kantong belanjaan yang menumpuk. Karena jika berbelanja melalui online, Anda hanya tinggal menunggu barang-barang yang dibeli dikirim ke rumah.
d. Mudah Membandingkan Harga
Daripada menyusuri mal dari satu toko ke tokolainnya hanya untuk membandingkan harga baju yang diincar, lebih baik Anda membandingkannya melalui online shopping. Umumnya situs online shopping menjual barang yang sama dengan situs onle shopping lainnya, namun harganya bisa saja berbeda.Tidak bertatap muka.
e. Hemat Waktu
Belanja online juga dapat menghemat waktu Anda tanpa harus macet-macetan di jalan. Tentu saja Anda bisa berbelanja hanya dengan waktu beberapa menit. Sehingga waktu tak banyak terbuang dan masih bisa melakukan aktivitas lainnya.
f. Nyaman
Kenyamanan juga menjadi salah satu faktor mengapa lebih baik belanja secara online. Anda bisa berbelanja kapan saja sesuka Anda, meskipun tengah malam sekalipun.
C. KEKURANGAN ONLINE SHOP
sebagian masyarakat yg masih takut untuk melakukan belanja secara online. Sebagian orang takut untuk membeli barang secara online karena menganggap barang yang hanya di lihat secara gambar masih tidak cukup sebelum dilihatnya, serta diraba nya secara langsung. Sebagian lagi beranggapan, jika hanya melihat gambar, dan mengira ira wujudnya saja, bisa jadi barang yang di beli tidak sesuai dengan ekspektasi atau bayangan kita. Atau lebih gamblangnya, mereka takut merasa kecewa atau di kecewakan dengan barang yang di dapatkannya setelah melakukan transfer sejumlah uang tertentu. Karena transaksi sebagian besar online shop, dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah uang tertentu terlebih dulu kepada toko online, baru barang di kirim. Walaupun masih banyak orang yang masih ragu dengan berbelanja online (online shop), tetapi karena alasan kenyamanan, mereka yang memutuskan untuk mencoba belanja online bertambah sangat cepat. Terlihat dari banyaknya toko online di jejaring social media seperti facebook, instagram dan twitter.
D. POKOK PEMBAHASAN
Disini saya akan mengambil sebagai contohnya yaitu bisnis Distro online.
Dengan banyaknya orang yang menggunakan internet jadi peluang bisnis usaha ini sangatlah tinggi khususnya promosi yang dilakukan di situs jejaring social seperti Facebook, Instagram, ataupun Twitter karena di Indonesia termasuk Negara terbesar yang menggunakan situs jejaring social tersebut, jadi sangat efisien.
Meskipun hanya bermodal koneksi internet yang tidak terlalu mahal jika kita bandingkan dengan harus membangun atau menyewa sebuah toko untuk bejualan, jadi kita Cuma bekerjasama dengan toko distro atau pakaian yang ingin kita promosikan jika kita tidak ingin susah-susah mencari barangnya, tapi dengan cara seperti ini ke untungan yang kita peroleh tidak maksimal karena harus di bagi dengan toko distro yang telah kita promosikan, tapi beda dengan kita yang menyuplai barangnya apalagi barang tersebut barangnya dengan kualitas bagus pasti harganya sangat tinggi dan orang-orang akan banyak yang memesan.
Jadi anda bisa mencoba usaha ini karena rugi dalam bisnis ini tidak terlalu besar dan bisa di atasi , hanya dengan modal yang tidak terlalu besar dan koneksi internet yang cukup kuat anda sudah bisa memulai bisnis ini jadi jangan takut untuk memulai suatu bisnis. Berikut adalah beberapa tips untuk membangun Distro Online :
Ide Distro Online
Salah satu hal penting sebelum membuka Distro Online bukan produk apa yang ingin kita jual karena sudah jelas kita akan menjual produk fashion seperti kaos dan tas, tetapi kita harus menentukan ide apa yang akan kita cetak di berbagai media tersebut. Untuk memutuskan apa jenis desain atau kiblat desain yang akan kita jual di Distro Online kita, hal pertama yang harus kita pikirkan adalah apakah kita mempunyai ide-ide yang layak jual dan apa tujuan Distro Online kita: apakah kita hanya ingin menjual baju, menjadi bagian gaya hidup dan lain sebagainya.
Kita juga harus memutuskan apakah kita akan menjual kaos dengan kata-kata lucu di Distro Online kita. Kita juga bisa membuat sebuah merk dan mencoba menjualnya seperti merk STARCROSS yang cukup terkenal dan menjadi bagian gaya hidup. Jika kita mempunyai tujuan seperti itu, maka tentu saja kita perlu memikirkan konsep produk kita secara matang. Satu hal lagi yang perlu kita perhatikan dalam desain yang akan kita jual di Distro Online adalah apakah kita akan menjual nama band, tim atau acara.
Toko Distro Online
Untuk membuat toko Distro Online, tentu saja kita perlu nama domain dan hosting, kita juga sebenarnya dapat menggunakan blog gratis dan membelinya jika Distro Online kita sudah cukup menguntungkan. Jika kita benar-benar serius dan mempunyai modal, maka kita dapat menggunakan jasa hosting. Tentu saja kualitas dan fasilitas yang akan kita dapatkan akan jauh lebih baik daripada blog gratis, begitu juga kekuatan dan popularitas web yang akan kita dapat.
SEO Distro Online
Jika kita membuka Distro Online, maka bukan hanya marketing produk, tetapi kita juga akan membutuhkan marketing website kita. SEO sudah menjadi standard dalam e-commerce atau usaha online. Dengan persaingan yang cukup ketat, SEO adalah suatu hal yang wajib. Harga yang harus kita bayar untuk SEO memang cukup mahal tetapi SEO akan menjadi modal kita untuk bersaing dan mendapat pengunjung.
Jejaring Sosial Distro Online
Walaupun kita sudah mempunyai website untuk Distro Online kita, jangan pernah menyepelekan fungsi jejaring sosial. Banyak bisnis besar yang memanfaatkan social networking untuk meraup konsumen. Dengan jejaring sosial, Distro Online kita akan lebih mudah dikenal. Pastikan juga kita mengupdate infomasi di jejaring sosial dan membuatnya menarik untuk dikunjungi pelanggan kita. Banyak sekali Distro Online, tetapi dengan persiapan yang matang dan strategi yang maksimal, kita tidak akan kalah dengan Distro Online yang sudah lebih dulu berdiri. Jika kita ingin sukses dalam bisnis ini, pastikan kita merencanakannya dengan baik dari tipe produk, nama domain, budget untuk SEO dan lain sebagainya. Distro Online masih menjadi peluang bisnis yang baik.
Referensi :
http://tibbersama.blogspot.com/2012/07/makalah-tib-menjamurnya-online-shop.html
http://fauziaharianty1989.blogspot.com/2012/10/proposal-kewirausahaan.html
http://anakbalijogja.blogspot.co.id/2015/03/laporan-karya-ilmiah-lingkungan-bisnis.html
http://tandangsuparman.blogspot.com/2011/05/contoh-makalah-pengantar-bisnis.html
https://drive.google.com/file/d/1-4ciP3zjMigvwsSNlM_LCEsdpkK-fnRM/view?usp=drivesdk
https://drive.google.com/file/d/1-4ciP3zjMigvwsSNlM_LCEsdpkK-fnRM/view?usp=drivesdk

Komentar
Posting Komentar